Kopkar "KEKAR" Pelindo II Cabang Panjang Raih Pendapatan Rp7,8 Miliar

SECARA keseluruhan, kondisi keuangan Koperasi Karyawan (Kopkar) ’’KEKAR’’ PT Pelindo II Cabang Panjang 2010 dinilai cukup baik. Walaupun masih perlu peningkatan atas beberapa kegiatan, terutama dalam rangka pengendalian dan pengawasan untuk lebih menjamin tercapainya tujuan Kopkar KEKAR PT Pelindo II Cabang Panjang.
Ini sebagaimana tertuang pada visi-misi Kopkar KEKAR sebagai pusat keunggulan penciptaan nilai tambah dalam bidang jasa ketenagakerjaan dan jasa lainnya.
    Yakni untuk memenuhi kebutuhan pelanggan dan anggota. Sedangkan misinya adalah untuk melayani kebutuhan anggota dalam memenuhi kebutuhan simpan pinjam serta kebutuhan pokok lainnya dan menjadi mitra strategis Pelindo Cabang Panjang dalam upaya meningkatkan produktivitas kerja performasi usaha.
  
Sementara ini kontribusi peningkatan laba selama 2010 dari unit-unit usaha, yakni unit usaha simpan pinjam (35%), penyediaan tenaga kerja (20%), borongan pekerjaan jasa (35%), dan usaha toko (10%). Jadi total keuangan dari unit-unit usaha itu menghasilkan Rp7,8 miliar. Sedangkan untuk pelayanan anggota, antara lain, untuk bingkisan Lebaran, jasa simpanan, asuransi, bantuan anak asuh, bantuan pembinaan mental, santunan kematian anggota, dan lain-lain yang dananya disisihkan dari sisa hasil usaha. Hal itu sesuai dengan tujuan UU No. 26/1992 bahwa koperasi harus mementingkan kesejahteraan anggota.
    ’’Pelindo II harus mampu mencari celah-celah dari keunggulan kompetitif yang dimiliki serta diverifikasi usaha atau kerja sama dengan mitra usaha yang lama dan baru. Juga tuntutan terus mengupayakan perbaikan-perbaikan dan peningkatan kesiapan operasional segala sektor. Mengingat tantangan yang dihadapi semakin berat,” papar Andi Mustafa As’ad, S.Sos., M.Si. sebagai ketua pengurus Kopkar KEKAR Pelindo II Cabang Panjang ketika pelatihan sertifikasi izin operasional (SIO) di Hotel Nusantara kemarin.
    Peserta pelatihan sebanyak 33 orang dan dibuka oleh Baharrudin Selle, S.E. mewakili kepala Dinas Tenaga Kerja Bandarlampung. Dalam sambutannya, General Manager Pelindo II Cabang Panjang Drs. Doso Agung, M.M. menjelaskan, beberapa program-program akan terus ditingkatkan. Antara lain, memenuhi secara legalitas para operator yang bekerja di peti kemas Cabang Panjang. Kemudian melaksanakan pelatihan yang berkaitan dengan promosi operator.
    ’’Diharapkan selain memiliki kemampuan bongkar-muat, juga memiliki kemampuan dan pengetahuan tentang kelancaran arus barang,” jelasnya. (adv)

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Poskan Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.

Pelindo II Cab. Panjang

Pelindo II Cab. Panjang

Aku Gustiiii.....

Aku Gustiiii.....

aku noviiiii.....

aku noviiiii.....

Pengikut